PENGARUH MEDIA TERHADAP PEMBELAJARAN: TINJAUAN LITERATUR
Media telah menjadi bagian integral dari kehidupan manusia modern, seperti untuk hiburan, informasi, dan interaksi sosial. Tak terkecuali, media juga memberikan dampak pada kegiatan pembelajaran. Berbagai macam bentuk media seperti televisi, internet, dan media sosial, video game, serta aplikasi pembelajaran berbasis teknologi, telah menawarkan ragam interaktif dan pengalaman pembelajaran yang unik. Namun, dampak media pada pembelajaran masih menjadi perdebatan di antara pencinta pendidikan serta para peneliti.
Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menganalisis pengaruh media pada pembelajaran. Sebuah studi oleh Chou dan Chou (2012) menyimpulkan bahwa penggunaan media di kelas dapat meningkatkan efektivitas belajar pelajar dengan meningkatkan motivasi mereka. Hasil penelitian lain oleh Çakır (2010) membuktikan bahwa interaksi melalui blog dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran. Studi terbaru oleh Widiastuti dan Haryanto (2019) juga memperlihatkan bahwa penggunaan media dalam pembelajaran berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Namun, beberapa penelitian juga menunjukkan dampak negatif dari terpaan media terhadap pembelajaran. Misalnya, penggunaan media dan video game yang berlebihan dapat mengganggu konsentrasi dan pemusatan perhatian, serta menyebabkan kelebihan informasi yang mungkin menimbulkan kebingungan atau bahkan frustrasi pada pelajar (Christoforou et al., 2018). Selain itu, media yang tidak terkontrol dapat memperlihatkan gambaran yang tidak akurat dan menyebarkan informasi bohong, yang dapat merusak kepercayaan siswa terhadap pembelajaran atau bahkan pengetahuan yang salah (Subramanian, 2020).
Penggunaan media dalam pembelajaran memang memiliki dampak positif dan negatif. Di satu sisi, media dapat meningkatkan motivasi, minat, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Di sisi lain, pengaruh media juga dapat mengganggu konsentrasi siswa, membuat mereka tidak fokus, serta memberikan informasi yang tidak akurat atau bahkan merusak pengetahuan mereka. Oleh karena itu, pendidik harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari penggunaan media yang dipilih, sehingga dampak positifnya dapat ditingkatkan, sementara dampak negatifnya dapat dikendalikan atau dihindari. Penggunaan media yang tepat dan teratur dapat membantu menciptakan pembelajaran yang menarik dan efektif, sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.
Media dalam bentuk televisi, internet, media sosial dan berbagai aplikasi teknologi pembelajaran telah menjadi bagian integral dalam kehidupan modern. Meskipun terdapat dampak negatif pada terpaan media terhadap pembelajaran, namun keuntungan dari penggunaan media di kelas harus diperhatikan dan dimanfaatkan. Pendekatan bijak dan pemilihan media yang tepat harus dipertimbangkan oleh pendidik dalam menciptakan situasi pembelajaran yang menarik dan efektif serta mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.
Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menganalisis pengaruh media pada pembelajaran. Sebuah studi oleh Chou dan Chou (2012) menyimpulkan bahwa penggunaan media di kelas dapat meningkatkan efektivitas belajar pelajar dengan meningkatkan motivasi mereka. Hasil penelitian lain oleh Çakır (2010) membuktikan bahwa interaksi melalui blog dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran. Studi terbaru oleh Widiastuti dan Haryanto (2019) juga memperlihatkan bahwa penggunaan media dalam pembelajaran berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Namun, beberapa penelitian juga menunjukkan dampak negatif dari terpaan media terhadap pembelajaran. Misalnya, penggunaan media dan video game yang berlebihan dapat mengganggu konsentrasi dan pemusatan perhatian, serta menyebabkan kelebihan informasi yang mungkin menimbulkan kebingungan atau bahkan frustrasi pada pelajar (Christoforou et al., 2018). Selain itu, media yang tidak terkontrol dapat memperlihatkan gambaran yang tidak akurat dan menyebarkan informasi bohong, yang dapat merusak kepercayaan siswa terhadap pembelajaran atau bahkan pengetahuan yang salah (Subramanian, 2020).
Penggunaan media dalam pembelajaran memang memiliki dampak positif dan negatif. Di satu sisi, media dapat meningkatkan motivasi, minat, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Di sisi lain, pengaruh media juga dapat mengganggu konsentrasi siswa, membuat mereka tidak fokus, serta memberikan informasi yang tidak akurat atau bahkan merusak pengetahuan mereka. Oleh karena itu, pendidik harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari penggunaan media yang dipilih, sehingga dampak positifnya dapat ditingkatkan, sementara dampak negatifnya dapat dikendalikan atau dihindari. Penggunaan media yang tepat dan teratur dapat membantu menciptakan pembelajaran yang menarik dan efektif, sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.
Media dalam bentuk televisi, internet, media sosial dan berbagai aplikasi teknologi pembelajaran telah menjadi bagian integral dalam kehidupan modern. Meskipun terdapat dampak negatif pada terpaan media terhadap pembelajaran, namun keuntungan dari penggunaan media di kelas harus diperhatikan dan dimanfaatkan. Pendekatan bijak dan pemilihan media yang tepat harus dipertimbangkan oleh pendidik dalam menciptakan situasi pembelajaran yang menarik dan efektif serta mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.
DAFTAR PUSTAKA
Çakır, R. (2010). Investigating the use of blogs as a tool to encourage reflection among higher education students. Educational Technology & Society, 13(2), 71-83.
Chou, C.P., & Chou, Y.C. (2012). Effect of multimedia‐assisted instruction on motivation and academic achievement. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 5(1), 1-14.
Christoforou, A., Dinçer, B., & Dassarma, A. (2018). Video games and education: (almost) everything you know is wrong. Games and Culture, 13(8), 789-809.
Subramanian, S. (2020). Fake news, politics and social media: A study of the US 2016 presidential election. International Journal of Advances in Science Engineering and Technology, 8(3), 95-99.
Widiastuti, T., & Haryanto, S. (2019). The use of multimedia in EFL classrooms: Potentialities, constraints, and implementation. English Education Journal, 10(4), 571-580.